Rabu, 21 Januari 2009

BMW Targetkan Rebut Gelar F1


KRC,VALENCIA
BMW Sauber menjadi tim Formula 1 keenam yang meluncurkan mobil baru untuk musim 2009. Kemarin, mobil berkode F1.09 diperkenalkan lewat sesi foto sederhana di Valencia, Spanyol.

Digadang-gadang sebagai pendobrak dominasi Ferrari dan McLaren-Mercedes, mobil baru BMW itu mungkin bakal membuat para penggemarnya agak menahan napas sejenak. Sebab, tampilannya sangat minimalis. Saking minimalisnya, penggemar balap mungkin mengira itu adalah mobil Formula BMW, bukan mobil BMW Sauber F1.

Apalagi, coraknya dominan putih dengan sedikit biru gelap di samping. Corak itu konsisten dengan corak BMW Sauber dalam beberapa tahun terakhir. Tapi, selama ini corak tersebut agak ''tertolong'' oleh sirip-sirip dan sayap-sayap kecil eksotis yang menghiasi mobil F1 hingga musim lalu. Karena musim ini bodi mobil harus minim ''aksesori'', tampilan F1.09 pun terlihat sangat sederhana.

Di antara semua mobil F1 yang telah diluncurkan, F1.09 merupakan yang paling minimalis.

Meski sangat minimalis, BMW mengaku telah merancang mobil itu sejak Februari tahun lalu. ''Kami benar-benar mengawalinya dari nol,'' ungkap Willy Rampf, technical coordinator BMW Sauber.

Mobil itu disiapkan sedini mungkin, karena BMW Sauber memang punya target muluk untuk musim 2009 ini. ''Kami telah menyampaikan target 2009 ini sejak empat tahun lalu,'' kata Mario Theissen, bos BMW Motorsport. ''Kami menarget poin pertama pada 2006, podium pertama pada 2007, dan meraih kemenangan pada 2008. Sejak 2009, kami ingin bertarung berebut gelar dunia,'' paparnya.

Sejauh ini, BMW Sauber memang telah berhasil mencapai semua target yang dicanangkan. Karena itu, sesederhana apa pun tampilan F1.09, tim ini tak boleh diremehkan. Jangan lupa pula, tim ini punya pasangan pembalap yang cepat dan matang: Robert Kubica dan Nick Heidfeld.

Theissen menambahkan, timnya diuntungkan oleh regulasi yang baru ditetapkan untuk 2009. Khususnya tentang batasan uji coba sepanjang berlangsungnya musim 2009. Sebab, BMW merupakan tim pertama yang menurunkan mobil dengan spesifikasi 2009 di pengujung 2008 lalu.

Saat tim-tim lain masih kerja di pabrik, mereka sudah menjajal banyak konsep baru di sirkuit. Ini modal baik, karena tim-tim lain tak punya banyak waktu untuk mengembangkan konsep dasarnya.

''Kami sangat happy dengan segala pekerjaan yang telah kami lakukan,'' tegas Theissen. (ard)

Tidak ada komentar: